Dandim 0620/Kab Cirebon Hadiri Penanaman Padi Gunakan Bios 44

Dukupuntang, Jum’at 10 Juli 2020,- Area persawahan di Desa Bobos, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon, untuk pertama kali dilakukan penanaman perdana padi dengan menggunakan Bios 44 Demplot Kodim 0620/Kab Cirebon, Jum’at (10/7/2020).

Kegiatan penanaman perdana Bios 44 Demplot Kodim 0620/Kab Cirebon di dihadiri langsung oleh Dandim 0620/Kab Cirebon Letkol Arh Adhi Kurniawan bersama unsur Forkopimda Kabupaten Cirebon, Kasdim Mayor Inf Suhendi, Pasiter Kapten Inf Mukmin, unsur Muspika Dukupuntang, pejabat Instansi terkait lainnya dan masyarakat petani di Desa tersebut.

Pasiter Kodim 0620/Kab Cirebon Kapten Inf Mukmin mengatakan bahwa baru pertama kali nya di Kabupaten Cirebon melakukan penanaman padi dengan menggunakan Bios 44, dimana bios 44 merupakan agen hayati dari gabungan simbiosis mutualisme antara mikroorganisme yang berfungsi untuk percepat pembusukan material organik lahan gambut, melembabkan menutup rongga gambut dan hifa atau sejenis lendir.

Lanjut Kapten Mukmin Bios 44 juga mampu memproduksi endospore yang tahan terhadap faktor lingkungan seperti panas asam dan garam serta dapat bertahan di dalam lingkungan ekstrim dalam jangka waktu yang lama.

Endospore zat yang dibentuk oleh mikroorganisme tahan terhadap asupan makanan memungkinkan organisme bios 44 untuk terus berada di dalam lingkungan sampai kondisi menjadi baik dan inilah kelebihan utama Bios 44 yang tidak dimiliki oleh banyak formulasi mikroorganisme pada umumnya

Hasil penelitian menunjukkan mikroorganisme yang terkandung dalam bios 44 menghasilkan zat kapur yaitu kalsium karbonat yang membentuk ikatan kimia antara butiran tanah sehingga mampu meningkatkan PH tanah hingga menjadi normal, jelas Kapten Inf Mukmin. (A)

Pin It

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*